Mengenal Penyakit Demam Berdarah (DBD) - Merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. dikenal bermacam-macam jenis virus penyebab penyakit demam berdarah, tetapi di indonesia hanya ada dua jenis virus penyebab demam berdarah yaitu virus degue dan chikungunya. Gejala demam berdarah pada umumnya muncul 13-14 hari setelah masa inkubasi, kemunculan ini ditandai dengan demam yang tinggi, sakit kepala, menggigil nyeri otot, dan persendian terasa sakit. kebanyakan penderita demam berdarah ini mengalami ruam yang muncul dan akan mempengaruhi sebagian besar anggota tubuh selain pada muka.

Ruam lebih umum muncul pada penderita anak-anak, meskipun orang dewasa juga bisa mengalaminya, dan ruam ini akan bertahan berkisar antara 2-3 hari dan bisa menghilang dan muncul kembali.





Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat menolak virus demam berdarah menyerang pada tubuh kita, maka cara terbaik untuk mencegah DBD adalah dengan menghindari terkena gigitan nyamuk yang membawa virus demam berdarah. Berikut ini adalah cara-cara agar kita bisa terhindar dari gigitan nyamuk Aedes aegypti:

  • Sterilkan rumah atau lingkungan di sekitar rumah Anda, misalnya dengan penyemprotan pembasmi nyamuk (fogging).
  • Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.
  • Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  • Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.
  • Memasang kelambu di ranjang tidur Anda.
  • Memakai losion anti nyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
  • Mengenakan pakaian yang cukup bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

Cara mencegah penyakit demam berdarah juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makan yang bergizi dan asupan cairan yang cukup untuk membantu pemulihan penyakit demam berdarah.

  • Juz Buah bisa mengurangi kekurangan asupan cairan pada tubuh karena demam berdarah, karena juz buah mengandung banyak sekali cairan, bisa juz jambu, pepaya dll.
  • Kelapa Muda bisa membantu asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan.

0 komentar:

Posting Komentar

Ikuti Update Kami