Pada umumnya jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat anda menjadi seorang ayah. namu halnya itu mungkin bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan penambah sperma. Beberapa jenis makanan yang dapat menambah kualitas sperma ini bisa menjadi alternatif anda untuk memperbaiki kualitas sperma anda. Menurut penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma Anda. Agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi yang bisa membantu merangsang produksi sperma yang berkualitas.

Kesuburan penting artinya baik bagi pria maupun wanita terutama yang telah menikah dan ingin memiliki keturunan. Seperti kita ketahui masalah kesuburan bukan hanya milik wanita saja namun juga laki-laki pasangannya, terutama masalah kesuburan sperma. Sebagaimana diketahui bahwa seorang pria dapat dikatakan memiliki sperma yang berkualitas dan sehat apabila telah diperiksakan ke laboratorium dan dari hasil pemeriksaan dinyatakan benar sperma tersebut telah memenuhi syarat untuk dapat melakukan pembuahan. Ciri dari sperma yang sehat antara lain adalah dari jumlah, keaktifan pergerakan sperma, bentuk yang proporsional antar kepala, badan dan ekor, warna dan kekentalan sperma. Anda bisa membacanya di Ciri sperma yang sehat dan berkualitas.
Lalu, jika telah diketahui saat ini dari beberapa ciri tersebut ada pada diri Anda, bagaimana caranya agar Anda atau pasangan Anda dapat meningkatkan Kualitas Sperma secara alami atau mandiri? Ini dia jawabannya :



Baca juga : Efek buruk kopi untuk kesehatan wanita

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Secara Alami

Gaya hidup. Pria kadangkala jauh dari sehat terutama dengan alkohol, karena telah terbukti bahwa alkohol dapat menurunkan jumlah dan mobilitas sperma. Pakaian terutama celana yang ketat akan menjadikan kantung reproduksi sperma menjadi terhambat disebabkan panas yang berlebih pada bagian testis pria. Jika Anda penikmat mandi hangat di bathub, kurangi juga. Akan lebih baik apabila Anda mandi air dingin terutama dengan pancuran pada pagi hari sebelum waktu subuh tiba. Badan hangat yang terkena air dipagi hari disinyalir dapat memperbaiki sirkulasi darah terutama pada bagian kantung produksi sperma alias testis.
Makanan. Junk Food sejatinya bukan untuk memperbaiki kualitas sperma, namun malah akan memperburuk fungsi jantung karena kolesterol yang berlebih dan lemak yang tidak baik yang akan tertimbun dalam tubuh. Usahakan untuk mengubah dari makanan cepat saji menjadi makanan organik terutama yang bebas dengan pengawet, pestisida dan penyedap masakan. Untuk makanan hal yang paling baik untuk meningkatkan kesuburan sperma Anda ada baiknya mengandung Seng, Kalsium, Vitamin D, E, C, Asam Folat dan Vitamin B Kompleks. Mengapa makanan tersebut bagus untuk meningkatkan kualitas sperma?
Seng. Pada makanan laut teutama kerang-kerangan seperti tiram banyak terdapat seng. Selain bagus untuk menyuburkan sperma, makanan ini bagus untuk perangsang gairah. Menurut penelitian dari University of Michigan, makanan ini juga memicu gairah untuk lebih romantis dan menigngkatkan fertilitas pria. Seng selain terdapat pada kerang-kerangan, terdapat juga pada daging, liver, kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, biji kapri, dan akar jahe meskipun memang kandungan tertinggi seng ada pada makanan laut berupa kerang-kerangan.
Kalsium dan vitamin D. Ikan Salmon, keju, susu es krim dan yoghurt adalah sumber utama kalsium dan vitamin D. Terbukti dari penelitian University of Wisconsin yang menyatakan mengkonsumsi makanan ini dapat meningkatkan kesuburan / fertilitas pria.
Antioksidan. Radikal bebas pada saat ini cukup banyak menurunkan kualitas sperma. Vitamin E dan C adalah antioksidan paling kuat yang mampu menjaga agar sperma dapat menjadi lebih kental dan berkualitas. Bayam, brokoli, kiwi, mangga, tomat, biji bunga matahari, almond, dan selai kacang adalah sumber vitamin E. Vitamin C terdapat pada buah sitrus, dan paprika, jeruk, mangga dan jambu biji.
Asam Folat. Vitamin yang tak kalah penting untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan kualitasnya adalah asam folat dan vitamin B kompleks. Makanan ini terdapat pada jeruk bali, sereal, gandum, kacang-kacangan, asparagus, bayam, dan biji bunga matahari.
Makanan yang kaya dengan zinc
Mengonsumsi cukup zinc mencegah infertilitas akibat sperma yang menggumpal. Untuk mengambil manfaat itu, Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung zinc yang dapat ditemui pada tiram, kepiting, lobster, daging sapi, dan daging ayam.
Makanan mengandung selenium
Menurut penelitian, mengonsumsi makanan mengandung selenium bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat. Sumber terbaik selenium bisa ditemui pada kacang Brazil. Namun jika sulit menemukan kacang ini, Anda bisa mendapatkan selenium dari ikan tuna, sarden, udang, daging sapi, hati sapi, daging ayam, nasi merah, telur, bayam, dan oatmeal.

Baca juga : Hindari 6 Pantangan Ibu Hamil

Pemicu Rusaknya Sperma

Beberapa hal yang dapat memicu kerusakan pada sperma. Jika Anda ingin memiliki sperma yang sehat dan ingin segera memiliki momongan, ada baiknya Anda menghindari pemicu tersebut.
Berikut beberapa hal yang bisa memicu rusaknya sperma:

  • Stres.
  • Merokok.
  • Mengonsumsi alkohol.
  • Penggunaan narkoba.
  • Obesitas.
  • Sering terpapar radiasi atau sinar X.
  • Memakai celana terlalu ketat.
  • Bersepeda terlalu lama.
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia seperti pestisida.
  • Sering berendam di dalam air panas atau duduk terlalu lama sehingga suhu testikel naik. 
----------------------------------------------------------------------------------------

Share... Semoga info ini bisa menambah wawasan anda

0 komentar:

Posting Komentar

Ikuti Update Kami